LGJbLGtaNGB5NGx5LGpaLGtbyTUfATofA6QkyaV=

√ 10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas - Jasatulis.com

10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas ini bisa Anda pelajari dan And…

BLANTERLANDINGv101
942983168178993982

√ 10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas - Jasatulis.com

Sabtu, 29 Juni 2024

Jasatulis.com - Cara menulis artikel agar SEO friendly tentunya membutuhkan waktu dan pengembangan kata kunci secara mendalam. Dan membuat artikel SEO ini memang tidak mudah. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan supaya hasilnya bisa maksimal.

Untuk mencapai page one di mesin pencari Google pada artikel yang sudah di publish di website, tentu ada banyak faktor yang akan mempengaruhinya. Mulai dari komposisi artikel, penargetan kata kunci, persaingan kata kunci, kemudian pada backlink artikel dengan penargetan kata kunci terkait.

10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

√ 10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas - Jasatulis.com

Kriteria artikel SEO yang baik memang sampai saat ini mengacu pada analisa dari berbagai pakar atau bisa juga mengandalkan plugin dan juga penempatan kata kunci yang tepat pada berbagai posisi dalam sebuah artikel. Misalnya saja pada judul dan juga pada bagian header. Namun ini juga tergantung dari posisi plugin yang akan Anda gunakan kalau Anda menggunakan Wordpress.

Mulai dari Yoast dan Rank Math memang akan berbeda dalam posisi penempatan dan juga pembacaan kata kunci. Kalau Yoast akan membaca kata kunci secara acak yang penting masih dalam satu kalimat. Sedangkan Rank Math akan membaca kata kunci secara utuh dan penempatan juga harus tepat. 

Kalau untuk urusan pembacaan yang terpenting jangan menggunakan kalimat secara berulang sampai tiga kali dan juga jangan terlalu banyak menggunakan kalimat pasif. Beberapa kalimat yang terdiri dari kata yang panjang juga tidak disarankan dalam membuat  artikel yang bagus dan SEO. Dalam sebuah kalimat artikel SEO, hanya ada maksimal 20 kata saja.

Sedangkan untuk penempatan kata kunci yang tepat, Anda bisa mengacu pada 10 poin penting berikut ini sebagai komponen dasar untuk membuat kerangka artikel yang ramah mesin pencari.

1. Judul SEO

Dalam pembuatan artikel SEO, kata kunci memang sebaiknya muncul dalam judul utama. Hal ini agar pencarian dan penargetan kata kunci langsung masuk dalam incaran Google. Kemudian dalam pembuatan Judul sendiri harus ada beberapa kriteria. Mulai dari kata yang menarik, menggunakan power word dan juga angka.

Untuk contoh dari power word sendiri misalnya saja menggunakan kata terbaru, terbaik, terkini dan beberapa kata lain. Kemudian, sebaiknya pada penempatan kata kunci berada di bagian awal atau dekat dengan awal kalimat judul.

2. Kata Kunci Muncul di Paragraf Awal

Paragraf pertama adalah hal yang krusial agar bisa membuat artikel Anda naik ke pencarian halaman pertama mesin pencari. Salah satu cara untuk memasukkan kata kunci di awal paragraf dengan membahas langsung pada topik dan spesifik kriteria artikel yang akan di buat.

Misalnya saja cara memperbaiki android tidak bisa dicas. Anda harus memasukkan ke dalam paragraf awal dengan sambungan kata yang tepat, misalnya saja dengan contoh ..." kali ini kita akan bahas salah satu cara memperbaiki android yang tidak bisa dicas secara mandiri sebelum membawanya ke tukang servis."

3. Kata Kunci Berada di Header 2 dan 3

Dalam membuat artikel SEO, Header juga merupakan posisi penting untuk menempatkan beberapa poin dan sub pembahasan yang akan di uraikan. Mulai dari Header 2 dan Header 3, atau penggunaan beberapa poin sub Header jika menggunakan sub poin penting yang banyak dari masing-masing sub topik.

Usahakan kata kunci berada di bagian ini minimal satu kata rangkaian kata kunci. Ini agar mudah artikel Anda masuk ke dalam pembacaan mesin pencari.

4. Menggunakan Kata Kunci dengan Kepadatan Maksimal di Bagian Isi Artikel

Kepadatan maksimal dalam pembuatan kata kunci sendiri memang sampai saat ini semua pakar berbeda dengan pendapat mereka. Namun menurut kami akan lebih bagus dalam pembuatan artikel satu bagian utuh mempunyai skema setiap 100 kata di wakili dengan satu kata kunci. Kalau misalnya ada 1000 kata dalam pembuatan artikel, maka sebaiknya di dalamnya ada 10 kata kunci yang muncul pada beberapa titik artikel. 

Dan ini juga di sebar, jangan sampai berdekatan dan melakukan spam  kata kunci. Justru kalau menggunakan kata kunci yang berdekatan akan terasa tidak enak untuk para pembaca. SEO bukan hanya mementingkan mesin pencari saja, namun juga memperhatikan manfaat maupun ini topik kepada pembaca.

5. Kata Kunci Muncul di Akhir Paragraf

Kata kunci juga sebaiknya Anda letakkan di akhir paragraf. Baik dengan kesimpulan atau dengan kalimat penutup. Jangan terlalu panjang untuk area bagian ini. Pahami juga kerangka sebuah artikel agar pembaca juga bisa lebih rileks dalam memahami isi dan maksud dari artikel yang Anda buat.

6. Memunculkan Kata Kunci di Permalink

Permalink, kalau untuk bagian ini jelas wajib menggunakan kata kunci. Hampir semua jenis plugin Wordpress bagian SEO selalu mewajibkan hal ini. Dan para pakar SEO juga merekomendasikan untuk tidak mengabaikan bagian permalink. Mengingat setelan permalink ini juga akan menjadi URL sebuah artikel dan akan terindex langsung mesin pencari.

Mesin Google lebih awal akan merayapi bagian ini sebagai alamat yang di tuju pada artikel Anda. Dan kebanyakan dari para pengelola website akan langsung otomatis melakukan index pada bagian ini di Google Search Console atau Webmaster nya Google.

7. Menggunakan Kata Kunci di Meta Deskripsi

Apa itu Meta Deskripsi dalam sebuah artikel website? SEO sangat mengandalkan hal ini. Bagian deskripsi akan mewakili rincian sebagian potongan artikel di mesin pencari Google. Hal ini jelas sangat berpengaruh pada SEO dan Google merayapi bagian ini secara mendasar. 

Potongan artikel ini merupakan 150 kata dan sebaiknya Anda maksimalkan dengan menuliskan kata kunci di dalamnya.

8. Nama Gambar Menggunakan Kata Kunci

Jangan lupa, sebagai pendukung sebuah konten artikel kebanyakan akan menggunakan gambar sebagai bagian yang memperjelas isi artikel. Dan sebaiknya menggunakan nama yang di dalamnya ada kata kunci yang Anda targetkan. 

9. Kata Kunci di ALT Text Gambar

Gambar memang tidak terbaca mesin pencari, dan untuk mewakili hal ini Anda bisa memasukkan alternatif teks yang ada di bagian rincian gambar. Setiap website baik Wordpress dan Blogger maupun CMS yang lain akan menggunakan rincian sejenis alt untuk memaksimalkan fungsi ini.

10. Kata Kunci Utama dan Turunan di Bagian Tag Artikel

Perhatikan juga di bagian tag, setiap CMS juga memberikan tag untuk melakukan keterkaitan antara korelasi satu artikel dengan artikel yang lain yang menggunakan tag yang sama atau mirip. Gunakan kata kunci di dalamnya agar lebih dominan pada penargetan yang Anda buat.

Apakah Artikel SEO Harus Panjang dan ada Ribuan Kata?

√ 10 Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas - Jasatulis.com

Tentu saja tidak menjadi dasar artikel panjang masuk ke dalam pencarian Google sebagai target dengan kata kunci yang sama. Namun kebanyakan artikel SEO mempunyai penjelasan yang rinci dan pada umumnya mempunyai jumlah kata yang sampai ribuan.

Namun ini juga tergantung pada bagian topik dan sub topik yang di bahas. Apalagi tergantung juga dengan persaingan kata kunci yang Anda targetkan. Jangan sampai mempunyai anggapan bahwa artikel yang panjang pasti masuk ke dalam halaman pertama mesin pencari.

Apalagi faktor SEO ini juga ada banyak. Tidak hanya cuma artikel saja, namun ada pada template website, domain, kekuatan domain, backlink dan faktor yang lain. Namun tetap kunci yang paling utama adalah pada artikel nya, konten adalah raja dalam sebuah website. Sedangkan template ini adalah tampilan, dan domain adalah alamat yang akan di tuju sebagai url dalam mengakses website menggunakan browser.

Tentu tidak mudah dan perlu riset lebih dulu dalam membuat artikel berkualitas. Apalagi dengan membahas topik dan sub topik tertentu yang tentunya membutuhkan banyak waktu. Tidak semua Blogger dan pengelola website mampu membuat artikel secara konsisten.

Padahal konsistensi membuat berbagai artikel yang kaya akan informasi dan bermanfaat, kemudian pada segi kualitas SEO juga terpenuhi perlu konsisten. Semakin banyak artikel SEO, kemungkinan juga akan semakin banyak artikel yang masuk dalam mesin pencari bagian halaman pertama.

Semakin banyak artikel yang masuk ke halaman pertama, semakin banyak visitor organik yang Anda dapatkan. Visitor yang semakin banyak tentu adalah tujuan utama dalam membuat website. Karena ini secara langsung atau tidak bisa mempengaruhi penghasilan sebuah website. Baik menjual produk dan bisnis atau berkaitan dengan jasa periklanan seperti Adsense dan periklanan yang lain.

Jika Anda sampai sekarang ini masih belum bisa konsisten dan belum punya waktu luang untuk membuat artikel di website Anda karena sibuknya pekerjaan, atau beberapa kesibukan yang lain, Anda bisa menggunakan jasa dari kami.

Pengalaman menjadi penulis SEO berbagai kategori website sejak 2013 tentu saja kami mengantongi tips dan formula artikel SEO berkualitas yang mampu bersaing dalam mesin pencari Google. Untuk order jasa penulis SEO dari kami Anda bisa langsung ke halaman utama website ini dan pesan sekarang juga!

BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang